oleh

Pribadi yang Berpengalaman di Bidang Komunikasi Radio, Donny Imam Priambodo Ingin Majukan ORARI

-News-21.312 views

Jakarta – Di lingkungan kompleks DPR RI Senayan nama H. Donny Imam Priambodo, ST, MM, M.Res pernah cukup diperhitungkan sebagai seorang politisi. Meski hanya menjabat selama satu periode dari tahun 2014 hingga 2019, politisi Partai NasDem itu telah menorehkan beberapa penghargaan selama duduk di kursi parlemen.

Donny Imam Priambodo pernah menjadi The Inspiring Leader of Politician Teropong Senayan Award 2020. Artinya, lelaki kelahiran Jombang 23 Desember 1973 lalu itu merupakan seorang yang menginspirasi bagi para politisi. Dirinya juga pernah mendapat anugerah The Best Innovative Figure 2016 oleh 7 Media Awards. Bahkan, Yayasan Penghargaan Indonesia juga memberikan penghargaan sebagai The Best Young Enterpreneur Of Indonesia 2009.

Penghargaan yang didapat Donny Imam Priambodo itu tak lepas dari kesuksesannya sebagai enterpreuner muda yang digelutinya. Owner & CEO PT Arda Indonesia Group itu sukses menempatkan perusahaannya yang bergerak di bidang investasi dalam negeri dan luar negeri. Beberapa anak perusahaannya di dalam negeri bergerak di bidang sistem elektronika & radio Militer. Selain itu perusahaannya juga menjadi supplier spare parts pesawat tempur, dan helikopter Militer.

“Di Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem saya menjabat Ketua DPP Bidang Digital & Siber. Jauh sebelum saya menjadi anggota DPR, saya juga menjadi Owner CEO PT. Protelindo dari 2002 sampai 2007, perusahaan yang berinvestasi di bidang infrastruktur telepon selular, CFO PT. Suryatelindo 2001-2002, CTO PT. Aprotech 2000-2001 hingga Dosen Elektronika di STTS (stts.edu) dari tahun 1997 sampai 2000,” ucap Donny, Kamis (25/11/2021).

*Menggeluti Dunia Elektronika Dan Radio Telekomunikasi Sejak Kecil

Tentu saja kesuksesan perusahaannya di bidang sistem elektronika itu tak lepas dari minat dan bakatnya di dunia yang sama. Nama Donny Priambodo di kalangan Organisasi Amatir Radio Republik Indonesia (ORARI) cukup dikenal sebagai sosok yang progresif. Alumni Master of Research, University of Liverpool tersebut memiliki tanda panggilan (Call Sign) YB0DX dengan NRI : 2021000789.

“Saya adalah pengamat, pelaku dan penggiat Amatir Radio. Elektronika dan RF adalah hobi saya. Sejak usia 10 tahun saya sudah mengenal elektronika dan radio komunikasi,” kata lelaki ramah tersebut.

Karena itulah pengalamannya di dunia komunikasi radio tak perlu diragukan lagi. Lelaki yang sekarang menjadi tenaga ahli Menteri Komunikasi dan Informasi itu mendapat call sign pertamanya YD3VRO di ORARI lokal Kediri pada 1991. Setahun kemudian, naik tingkat menjadi YC3VRO. Cukup lama tanda panggilnya berubah menjadi YC2DP pada tahun 2006 saat dirinya pindah ke Semarang. Lalu ujian naik tingkat menjadi YB2DP pada 2009 di kota yang sama. Namun sejak 2021 dirinya memiliki tanda panggil YB0DX hingga sekarang.

“Saya mendapat callsign pertama saya YD3VRO di Kediri Jawa Timur pada tahun 1991 dan YC3VRO pada tahun 1992. Saat itu saya masih bersekolah di bangku SMA,” paparnya.

Di dalam ORARI sendiri, beberapa jabatan pengurus pernah dipegangnya antara lain Ketua Bagian Eksperimen ORARI Lokal Jakarta Selatan, dan pernah menjadi Peninjau MUNAS IX 2011 dari ORARI Daerah Jateng.

“Sekitar 30 tahun lebih saya bereksperimen di dunia elektronika dan Amatir Radio. Dari Microcontroller, Analog & Digital eektronik, UHF, VHF, HF Antenna Design & Built, Matching Network Design & Built, IT Software Design, Manajemen dan Pengembangan Bisnis Ekonomi , Financial Engineering,” katanya.

Bukan hanya pengalaman di ORARI saja yang ditorehkan, pengalaman luar organisasi juga berderet disematkan pada sosok Donny. Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem ini yang menjabat pada tahun 2019 sampai 2024, selain itu dirinya juga menjadi Ketua Umum Ikatan Profesional Sinergi Nawacita (IPSN) sampai sekarang. Donny pernah menjadi Ketua Group Kerjasama Bilateral Indonesia-Ukraina DPRRI, Ketua Kerjasama Ekonomi Indonesia Korea Selatan KADIN Jabar dan Ketua Kompartemen Komunikasi Satelit KADIN Jawa Barat.

“Saya juga pernah menjadi Wakil Komandan SAR Golkar dari tahun 2004 sampai 2009, Pendiri Asosiasi Pengusaha Menara Telekomunikasi (ASPIMTEL) 2005, anggota Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Nasional Telekomunikasi (APNATEL) 2010 sampai 2015. Lalu saya juga mendirikan Ormas dan Yayasan Jaringan Walisongo Jawa Tengah 2019 lalu,” ucap Donny.

Diketahui, Donny Imam Priambodo juga ikut meramaikan Pemilihan Ketua Umum Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) Pusat periode 2021-2026. Pemilihan Ketum ORARI Pusat rencananya akan digelar bersamaan Musyawarah Nasional (Munas), di Ballroom Lt.1 Hotel JS Luwansa, 28-29 November 2021.

Donny menjelaskan alasannya ikut dalam pemilihan Ketum ORARI Pusat karena memiliki hobi di bidang penyiaran, sehingga tekadnya bulat ingin memajukan ORARI.

“Amatir radio adalah hobi saya sejak saya menginjak Sekolah Dasar, saya juga senang berorganisasi, mulai dari OSIS, jadi jiwa berorganisasi dan ditunjang hobi itu serta ingin membuat Orari lebih baik dan modern ke depan, maka saya mengajukan diri untuk ikut percaturan pemilihan Ketum Orari,” kata Donny.

*Latar Belakang Pendidikan Donny Imam Priambodo

University of Liverpool UK Master of Research | May 2012 – Jan 2014 Bidang Business & Administration / Financial Eng.
STIE ABI Surabaya, Magister Manajemen | Jun 2004 – Mar 2006 Bidang Manajemen Ekonomi / Marketing
Sekolah Tinggi Teknik Surabaya – STTS.EDU
Sarjana Teknik | April 1993 – Juli 1997 Jurusan Elektronika Arus Lemah dan Digital Cumlaude IPK : 3.6

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed